Buah Belimbing Sebagai Ikon Kota Depok

Siapa yang tak kenal dengan buah belimbing? Buah yang berwarna kuning,  berbentuk seperti bintang (makanya dikenal juga sebagai star fruit), dengan rasa manis yang menggoda. Tapi sayang, hanya sedikit sekali dari kita yang menjadikan buah belimbing sebagai buah favoritnya. Buah ini memang kalah tenar dengan buah lainnya yang tumbuh subur di Indonesia.

Padahal belimbing memiliki khasiat yang cukup baik buat kesehatan. belimbing  manis kaya akan pektin yaitu zat yang mampu menjerat kolesterol, mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Seratnya juga bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Buat yang sedang melakukan program diet, boleh menjadikan buah ini sebagai buah favorit untuk menjaga tubuh menjadi langsing.

Selain itu belimbing yang manis dapat juga menyembuhkan batuk, demam, kencing manis dan kolesterol tinggi, dan meredakan sakit tenggorokan. Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, jika dicampur madu dapat mencegah dan mengatasi kencing batu. So, selain rasa manis dan enak diminum, belimbing bermanfaat bagi kesehatan

Salah satu potensi pertanian yang cukup potensial di kawasan Depok adalah Pertanaman Belimbing.  Belimbing tumbuh subur di 6 Kecamatan yaitu Pancoran Mas, Beji, Sukmajaya, Limo, Sawangan, Cimanggis. Prospektif dikembangkan di kota Depok dan kini telah menjadi buah unggulan kota Depok karena secara komparatif Buah Belimbing Dewa Depok Lebih unggul dibandingkan buah belimbing yang lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini diketahui pada setiap Event Lomba Buah Unggul dan pameran-pameran buah Nasional serta Internasional, Buah Belimbing Dewa ini lebih unggul dan selalu menjuarai sebagai buah unggul nasional versi Trubus.

Tapi sayang, usaha Bapak Walikota untuk menjadikan belimbing sebagai ikon Depok dirasakan belum berhasil. Ini dapat dilihat dari masih sedikitnya buah belimbing yang dijual di pasar-pasar, toko buah dan supermarket di Depok. Masyarakat juga tidak diedukasi akan manfaat dan pengolahan buah belimbing secara kreatif.  Sehingga ikon yang seharusnya menjadi symbol sebuah kota tidak mampu mengangkat citra kota tersebut.

[show_avatar email=isti_sari@yahoo.com align=left] Isti,  just ordinary person, coretannya bisa dilihat di www.istianasari.blogspot.com

22 Responses to Buah Belimbing Sebagai Ikon Kota Depok

  1. Wah itu kayaknya belimbingnya muanis banget ya (mmm)

    Ane sampe sekarang masih bingung kenapa belimbing yang dijadikan ikon kota Depok (thinking)

    Balas

    nagacentil menanggapi:

    AFAIK, belimbing dijadiin ikon salah satunya karena kota ini menghasilkan komoditi belimbing,
    Selain itu, filosofi belimbing secara reliji juga bermakna rukun Islam (lima sudut pada buah belimbing mencerminkan lima segi dalam rukun Islam). No wonder di lagu Lir Ilir ada kalimat: penekno blimbing kuwi. Harapannya, mungkin, supaya kota Depok menjadi kota relijius. (scenic)

    Balas

    olala menanggapi:

    kota Depok menjadi kota relijius??
    :-(

    Balas

  2. ngiler euy liat belimbingnya :)

    btw, bawa salak pondoh gak dari jogja? *ngarep* (mmm)

    Balas

  3. starfruit, love it… dulu di belakang rumah embah gw di semarang juga ada tuh, manis2 pula… tapi kok ya Semarang gak dibilang kota belimbing yak… (goodluck)

    Balas

  4. doh, ane tinggal di depok, kok jarang bet ya makan belimbing. abis jarang bet sich liat buah belimbing disini. khususnya di sekeliling UI. kalo mata ane ga salah liat, di UI jarang dech puhun belimbing. banyaknya puhun karet yang buahnya gak bisa dimakan. btw, kalo depok mo terkenal dengan belimbingnya, usul ane sich setiap rumah harus nanem minimal satu puhun belimbing. biar kalo mata memandang ke setiap rumah, disana terlihat buah belimbing yang “montok” kek gambar belimbing di atas. jadi (hungry)

    Balas

    isti menanggapi:

    hehe…bagus juga tuh idenya.. (applause) saya aja udah 3 tahun tinggal di depok, belum pernah makan belimbing dewa Depok..hehe..

    Balas

    Nur Ali Muchtar menanggapi:

    gubrakkkkkkkkk (rofl) (rofl) (rofl)

    Balas

  5. lho….lha mana liputan repostase Amprokannya? (tongue)

    Balas

  6. Di Bekasi, upaya menjadikan lele dan kecapi sebagai simbol kotanya mengalami kegagalan karena tidak ada hubungan emosional antara simbol tersebut dengan penduduknya.

    Nah, bagaimana dengan Depok? Sepanjang jalan di Margonda atau di Kukusan, sangat jarang saya temukan pohon ini. Apakah ini berarti tidak ada kaitan emosi antara penduduknya dan simbol belimbing? :-D

    Balas

    isti menanggapi:

    jadi sebenarnya apa sih yang mendasari pemerintah kota Depok dan Bekasi membuat simbol? (thinking) kok kayaknya ngasal ya? hehe….

    Balas

    nagacentil menanggapi:

    belimbing ga bisa tumbuh di Margonda, selain ngotor-ngotorin jalan *daunnya* juga kemungkinan buahnya keburu abis dipetikin yang liwat (hassle)
    tapi AFAIK, pembibitan belimbing masih jalan kok. Cuma gw emang rada binun soalnya di pinytu keluar Depok itu adanya malah patung elang sama buah salak hohoho (okok)

    Balas

    faiza menanggapi:

    coba jalan-jalan sepanjang jalan RTM duonk…
    disitu banyak yang jual Belimbing super montok bin semok.
    kanan kiri jalan juga dihiasi pohon-pohon belimbing,
    nah yang paling syahdu itu jalan RTM dihiasi daun-daun pohon belimbing yang berjatuhan..
    duh… adem and romantis dah (heart_beat)

    Balas

    agan menanggapi:

    bener tuch,…. coba lihat di perapatan jl.dewi sartika & jl. nuasantara pasti lihat pedagang belimbing yg ngga pernah kocong belimbingnya….. so pasti dijamin manis bgt…. kl mo main ke kbn g sich tinggal petik mau brp bnyk nya……..? (dance)

    Balas

  7. Pingback: Buah Belimbing Ikon Kota Depok « High or Low?

  8. [...] Sumber : Komunitas blogger kota Depok Deblogger [...]

    Balas

  9. bener tuhk klo pohoon belimbing ditanem di jl. margonda keburu keabisan ma yg lewa, ga mesti dipinggir jalan x buat nunjukin icon, tp coba liat di sentra ditiap kecamatan/keluarahan di kota depok, pasti disitu ada exp. pancoranmas merupakan penghasil buah belimbing terbaik setelah RTM klo lagi panen raya banyak bgt.. klo kita mau numpang lewat pasti dikasih deh ( dikasih liwat sudnya : :-P )
    akh tuhk gambar belimbing diatas bukan belimbing varietas dewa baru yang ada dikota depok, tuhk belimbing sembiring ma Paris.. :-D

    Balas

  10. wah sekaramh depok mengambil buah bllimbing buat ikonnya yah? berati sekarang ada dua kota yang mempunyai ikon blimbing yaitu depok dan demak (walau lebih dikenal kota wali).
    kalo gak salah waktu gw kecil sekali yang terbanyang memakan blimbing maka yang terpikir dibenak adalah kota demak.
    jadi ingat lagu lir – lir.
    lir ilir tandurane wong sumilir…
    tak ijo royo-royo
    Tak sengguh temanten anyar
    Cah angon – cah angon penekno BLIMBING kuwi

    Balas

  11. (hmm… ngiler nih) (mmm)

    knp belimbing di jadikan ikon kota depok?? (thinking)

    (bigeyes)

    Balas

  12. Tapi kenapa ya itu Belimbing gak disebut Belimbing Depok? tapi disebut Belimbing Dewi ya?….

    Balas

  13. ane jga udah punya tuh puunnye… :-D
    tp blom sempet nyobain,, eh udah pd lenyap dluan ame bocah-bocah kecil…hufh. X-(

    sebenernye ape sih hasil usaha dari kota depok???
    gw jawab belimbing..di bilang kurang tepat sama dosen gw.. :-&

    jd apa dong… (okok)

    Balas

  14. Kami dari AMP jambi bergerak dalam distributor buah dan sayur ke sejumlah supermarket tertarik memasarkan buah yang ada pada usaha bapak hubungi kami di no hp 085268944744 kami sedang mencari pengirim buah naga, durian montong, jambu citra jumbo, srikaya, klengkeng pimpong, jeruk varigata, buah ceremai, jeruk miyagi, jambu bol jamaika, belimbing, red atemoya san pablo, pepaya california, pisang cavendis durian thorn, guavana, seedles dll :-)) :-) :-D

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>